Media Pembelajaran Online Wajib Dikuasai Oleh Pendidik

media-pembelajaran-online

Media Pembelajaran Online – Pembelajaran online telah banyak diterapkan oleh pendidik atau peserta didik jika kondisi pembelajaran tidak memungkinkan untuk melakukan kegiatan pembelajaran secara tatap muka, hal ini bisa terjadi seperti kondisi lingkungan sedang terjangkit pademi, pendidik sedang sakit atau tugas luar instansi sehingga tidak dapat melakukan pembelajaran tatap muka, atau konsisi lain yang tidak memungkinkan untuk melakukan kegiatan pembelajaran secara tatap muka.

Berikuti ini Media Pembelajaran Online untuk mendukung kegiatan pembelajaran yang efektif dan efisien. Pendidik dapat menerapkan Strategi membuat pembelajaran online dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran secara online atau semi online (blended learning) atau pembelajaran bauran.

Media Pembelajaran Online Wajib Dikuasai Pendidik

Penting bagi pendidik memiliki kemampuanĀ  mendesain media pembelajaran online, sehingga kegiatan pembelajaran tetap menyenangkan bagi peserta didik. Wilangan EduSpace pada kesempatan ini akan membahas tentang strategi penggunaan media pembelajaran online untuk mendukung pembelajaran yang efektif dan efisien.

Facebook

Dengan Facebook Grup, Pendidik dapat membuat kelas pembelajaran online dengan menerapkan strategi kegiatan pembelajaran dengan kegiatan diskusi. Kegiatan ini merupakan pendekatan konstruktifisme dengan menekankan kegiatan-kegiatan peserta didik secara aktif. Pendidik dapat memberikan pengantar pembelajaran dengan teks, foto, video dengan konten yang kontekstual ataupun dengan berbagai permasalahan untuk merangsang pengetahuan sehingga peserta didik akan melakaukan kegiatan belajar secara aktif.

Google Classroom

Pendidik dapat juga membuat kelas online menggunakan Google Classroom. Fasilitas yang ada di Google Classroom diantaranya dapat mengakomodasi ruang kelas, sehingga hanya pengguna tertentu yang dapat masuk di Google Classroom berdasarkan kode yang dibuat Pendidik, atau pendidik mengundang peserta didik masuk di kelas Google Classroom. Pendidik dapat menyampaikan video pembelajaran, teks, maupun gambar. Selain itu, pendidik dapat memberikan tugas secara terstruktur di layanan Google Classroom.

Web Blog (Blogger)

Google juga menyediakan layanan web-blog yang dapat dikembangkan menjadi media pembelajaran online. Layanan ini bersifat geratis. Pendidik dapat mendesain web blog Blogger untuk berbagai kegiatan pembelajaran. Pendidik dapat menyampaikan materi pembelajaran (teks, gambar, video), kegiatan diskusi, dan kegiatan evaluasi.

Google Form

Kegiatan pembelajaran secara online dapat juga didukung dengan kegiatan penilaian / assesment / evaluasi secara online menggunakan fasilitas Google Form. Pendidik dapat membuat kegiatan penilaian dengan berbagai kategori, seperti kuis (pilihan ganda, jawaban singkat, jawaban deskripsi panjang), dan juga mengumpulkan tugas secara online.

Google Meet

Jika pendidik ingin melakukan pembelajaran online secara langsung (syncronous) dapat menggunakan video secara langsung. Pendidik dapat menggunakan layanan Google Meet menggunakan akun dari instansi masing-masing atau menggunakan layanan G-Suite dari Google. Pendidik dapat menyampaikan materi pembelajaran secara langsung dan atau mempresentasikan materi pelajaran (ppt, pdf, gambar, dll).

Zoom

Jika pendidik tidak mempunyai akun domain resmi dari instansi untuk mengakses layanan Google Meet atau layanan G-Suite, pendidik dapat menggunakan layanan video konferens dari Zoom, aplikasi ini hampir sama dengan Google Meet, hanya saja jika layanan gratis dapat digunakan selama 40 menit, jika ingin menambah durasi perlu membuka link terbaru atau membeli layanan berbayar.

Wilangan EduSpace

Selain menggunakan beberapa apalikasi pembelajaran tersebut di atas, pendidik dapat menggunakan layanan Learning Management System (LMS) dari Wilangan EduSpace. Pendidik dapat membuat kelas pembelajaran online yang terintegrasi dalam satu layanan aplikasi LMS. Layanan dari Wilangan EduSpace mudah untuk digunakan, pendidik dapat membuat kelas pembelajaran dengan berbagai kegiatan, berbagai sumber belajar, dan berbagai bentuk kegiatan evaluasi pembelajaran.

Whatsapp

Sebagai pendidik tentu memiliki aplikasi chating dari Whatsapp. Layanan ini dapat juga dikembangkan menjadi suatu media pembelajaran online. Pendidik merancang kegiatan pembelajaran dengan membuat grup whatsapp kelas. Pendidik dapat menyampaikan petunjuk kegiatan dan sumber pembelajaran yang akan digunakan.

Penting saat ini bagi pendidik menguasai pengembangan media pembelajaran online. Pendidik harus bisa beradaptasi dengan perkembangan TIK yang cepat. Jika tidak, maka kegiatan pembelajaran tidak akan berjalan secara efektif dan efisien.

Demikian pembahasan mengenai media pembelajaran online yang perlu dikuasai oleh pendidik. Jika ingin belajar tentang seputar pengembangan media pembelajaran online bisa menghubungi Wilangan Eduspace. Jangan lupa Subscribe Blog Wilangan EduSpace untuk mendapatkan informasi terbaru tentang teknologi pembelajaran, media pembelajaran, berbagai pelatihan, dan pengembangan tentang pembelajaran.

Subscribe Sekarang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *